Oleh: Asep Tutuy Turyana | 27 April 2010

ANGKA 19, SALAH SATU MU’JIZAT ALLAH SWT

ANGKA 19

SALAH SATU MU’JIZAT ALLAH SWT

(One of the great miracles)


 

 

“Sesungguhnya (angka 19) itu adalah salah satu mu’jizat yang amat besar”

(Q.S. 74 : 35)

7 + 4 + 3 + 5 = 19

 

Penempatan ayat yang mengandung kata/angka “sembilan belas/19” oleh Allah swt pada Q.S. Al Mudatsir tentunya sudah diperhitungkan dengan matang dan teliti.

Selama ini pemahaman kita terhadap makna Al Mudatsir itu sendiri hanya terbatas pada pengertian “orang yang berselimut/berkemul“, tentunya tidak terlalu menarik untuk dikaji lebih jauh.

Namun jika kita fahami bahwa makna dari Q.S. Al Mudatsir ini adalah “rahasia yang tersembunyi/terselubung“, maka tentunya akan lebih menarik bagi kita untuk mengkajinya lebih dalam lagi.

Pengertian berselimut ini mempunyai makna “sesuatu yang tersembunyi dan belum terungkap”, makanya Allah swt menyuruh kita untuk bangkit untuk menyampaikan peringatan kepada orang lain.

Firman Allah swt dalam Q.S. Al Mudatsir ayat 1 -3 :

 


 

“Hai orang yang berselimut (yang masih tertutup pandangannya), Bangkitlah lalu berilah peringatan dan agungkanlah Tuhanmu”

 

Dari ayat tersebut di atas, Allah swt memberikan pesan kepada kita yang masih “berselimut” (belum terbuka pola fikir dan pemahaman) untuk segera bangkit menyampaikan peringatan agar mampu mengagungkan Kebesaran Allah swt.

 

Yang menjadi pertanyaan adalah peringatan seperti apakah yang akan kita sampaikan kepada orang lain sehingga sekaligus dapat mengagungkan Allah swt ?

Inilah rahasia yang harus kita cari jawabannya.

 

Jika memang Q.S. Al Mudatsir ini bermakna “rahasia yang tersembunyi”, memang benar adanya, karena di dalamnya terdapat rahasia yang selama ini belum terungkap.

Salah satunya adalah dicantumkannya kata/bilangan 19, yang Alah swt simpan pada ayat ke-30.


 

 

 

Di atasnya ada sembilan belas (30)


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat; dan tidaklah Kami menjadikan bilangan mereka itu (angka 19) melainkan untuk menjadi cobaan bagi orang-orang kafir, supaya orang-orang yang diberi Al Kitab menjadi yakin dan supaya orang yang beriman bertambah imannya dan supaya orang-orang yang diberi Al-Kitab dan orang-orang mu’min itu tidak ragu-ragu dan supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan): “Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah menyesatkan orang-orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia sendiri. Dan (bilangan 19) itu tiada lain hanyalah peringatan bagi manusia. (31)


 

Sekali-kali tidak, demi bulan,(32)


 

 

dan malam ketika telah berlalu,(33)

 

 

dan subuh apabila mulai terang (34).


 

 

Sesungguhnya (bilangan 19) itu adalah salah satu (mu’jizat) yang amat besar (35),

 

 

sebagai peringatan bagi manusia.(36)

 

Ayat 36 ini, seakan menegaskan sekaligus jawaban dari pernyataan yang dikemukakan Allah swt pada awal surat Al Mudatsir, ketika kita (manusia yang masih berselimut/tertutup pandangannya) diseru untuk memberikan peringatan (ayat 2).

 

Dari ayat ini kita bisa mengetahui bahwa Allah swt menyuruh kita untuk bangkit dan memberikan peringatan kepada manusia dengan menyampaikan bahwa “angka 19” adalah mu’jizat terbesar dan dengan menjelaskan tentang hal tersebut diharapkan akan mampu mengagungkan kebesaran Allah swt.

 

Sebagian ahli tafsir, menjelaskan 19 sebagai jumlah malaikat. Menurut Dr. Rashad Khalifa, menafsirkan bilangan 19 sebagai jumlah malaikat adalah tidak tepat, karena bagaimana mungkin jumlah malaikat dapat dijadikan ujian bagi orang-orang kafir, dapat meyakinkan orang-orang kafir dan dapat meningkatkan keimaan orang yang telah beriman juga dapat menghilangkan keragu-raguan?.

Jadi bilangan 19 ini merupakan keajaiban/mu’jizat yang besar dari Al Qur’an (sesuai dengan bunyi ayat 35).

 

Sehingga terjawab sudah teka-teki seputar peringatan apa yang akan kita sampaikan kepada segenap umat manusia sehingga akan mengagungkan Allah swt.

 

Sesungguhnya bilangan 19 itu adalah salah satu mu’jizat yang amat besar agar menjadi peringatan bagi orang-orang yang beriman dan menjadi ancaman bagi orang-orang kafir. Wallaahu ‘a-lam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: