Oleh: Asep Tutuy Turyana | 27 April 2010

SURAT 19, SURAT MARYAM

SURAT 19

SURAT MARYAM

(Q.S. Maryam : 98 ayat)

 

Salah satu mu’jizat Allah swt yang telah kita ketahui adalah kisah Maryam, seorang wanita suci yang melahirkan seorang bayi yang kelak menjadi salah satu rasul utusan Allah swt yaitu Nabi Isa a.s.

Kisah hidup Maryam ini, Allah swt abadikan dalam Q.S. Maryam, surat ke – 19. Jika bukan karena mu’jizat dan kuasa dari Allah swt, tidak mungkin seorang wanita suci (yang belum pernah disentuh seorang laki-laki) akan melahirkan seorang anak.

Berita/informasi tentang kemu’jizatan yang dialami oleh Maryam disampaikan oleh Malaikat Jibril a.s. dan tertuang pada ayat ke – 19.

 


Ia (Jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”.

(Q.S. 19 : 19)

 


Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!”

(Q.S. 19 : 20)


Jibril berkata: “Demikianlah . Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan.”

(Q.S. 19 : 21)

 

Jika kita lihat Q.S. Maryam (19) jumlah ayatnya adalah 98, sehingga kita dapatkan kode : 19 : 98, angka 98 mengingatkan kita kepada salah satu surat dalam Al Qur’an yang Allah swt tempatkan pada urutan ke 98, yaitu Q.S. Al Bayyinah yang artinya Bukti Yang Nyata. Apakah ini suatu informasi, bahwa angka – 19 memang sebuah Bukti Yang Nyata dari Allah swt?

Wallaahu ‘a-lam.

Iklan

Responses

  1. Selama ini Rosul itu adalah Nabi (manusia yg Diutus), mengapa disini Rosul itu diterjemahkan Malikat Jibril. Mohon di jelaskan

    • Adi Yanto yang terhormat ; maksud kalimat rasul disana mengacu pada ‘malaikat’ Jibril yang diutus Allah Swt untuk menyampaikan berita kepada Maryam. Jadi kalimat ‘rasul’ disana bukan ditujukan pada Nabi. Rasul = yang diutus. Dalam konteks ayat tersebut adalah Malaikat. Semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: